Tuesday, August 4, 2009

Mau Sehat Ayo Puasa……

Mau Sehat Ayo Puasa……

Mau Sehat Ayo Puasa……
successbybo

Banyak Pakar kesehatan berpendapatan bahwa dengan berpuasa merupakan salah satu cara menuju sehat. Dengan berpuasa orang yang sehat menjadi lebih sehat dan sebaliknya orang yang sakit menjadi sehat.

Untuk menjada tubug tetap tetap fit sepanjang hari selama berpuasa sekitar 14 jam kita memerlukan asupan gizi yang baik. Kunci utamanya adalah dengan mengatur sebaik-baiknya konsumsi makanan waktu sahur dan buka puasa. Menu empat sehat lima sempurna perlu disajikan setiap sahur dan buka puasa secara proporsional. Untuk menu utama sahur, para ahli gizi menyarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat, memperbanyak asupan protein dan lemak serta serat pangan yang dapat diperoleh dari konsumsi sayuran dan buah. Untuk buka puasa, sebaiknya mengkonsumsi makanan dan minuman manis terlebih dahulu (seperti kurma dan sirup), setelah sholat maghrib baru menu utama. Hindari mengawali buka puasa dengan camilan yang akan merusak nafsu makan menu utama. Dengan pola seperti itu tubuh akan tetap fit dan lebih sehat, profil kolesterol dan gula darah lebih baik, dan masalah pencernaan seperti asam lambung dan sembelit akan sirna.

Para ahli gizi banyak yang merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi untuk mempertahankan stamina tubuh selama berpuasa. karena makanan yang mengandung serat tinggi akan dicerna secara perlahan sehingga dapat menyediakan energi lebih lama dibanding makanan berserat rendah seperti nasi.

Mau Sehat Ayo Puasa……
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon