Tuesday, July 14, 2009

Penyakit Jantung

Penyakit Jantung

Penyakit Jantung
successbybo
Faktor penyeban terkena resiko penyakit jantung sebagai mana dikemukakan di dalam Satu Kongres Kardiolog di Munich Jerman yaitu :

  • Merokok - yg paling berbahaya menurut mereka
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit gula atau Diabetes
  • Satu skema pembagian lemak => waist to hip ratio
  • Pola Makan yang salah
  • Kegiatan fisik yang berlebihan
  • Mengkonsumsi Alkohol
  • Banyaknya lemak di dalam darah
  • Faktor psikososial
Para ahli berpendapat bahwa perubahan gaya hidup dapat mengurangi risiko jantung sampai 80%.

Jumlah penderita penyakit ini terus bertambah. penyakit ini tidak lepas dari gaya hidup yang kurang sehat yang banyak dilakukan seiring dengan berubahnya pola hidup. Penyakit jantung dan stroke sering dianggap sebagai penyakit monopoli orang tua. Dulu memang penyakit-penyakit tersebut diderita oleh orang tua terutama yang berusia 60 tahun ke atas, karena usia juga merupakan salah satu faktor risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Beberapa faktor resiko penyakit jantung dapat dikendalikan, dan beberapa tidak dapat. Menurut Asosiasi Jantung Amerika, terdapat faktor-faktor utama yang dapat membawa anda terkena resiko penyakit pembuluh darah koroner atau serangan jantung.

Penyakit jantung koroner (PJK) adalah penyakit yang sangat ditakuti karena menyebabkan banyak kematian. Hal ini membuat masyarakat, secara berlebihan, berusaha mencari cara untuk mencegah/mengobati penyakit ini.

Penyakit jantung koroner merupakan yang paling tertinggi yang di derita orang-orang. Penyakit ini menyerang pembuluh darah dan dapat menyebabkan serangan jantung. Serangan jantung dikarenakan pembuluh arteri yang tersumbat, yang menghambat penyaluran oksigen dan nutrisi ke jantung.

Berdasarkan penelitian terhadap 83 orang pasien, para dokter dari Providence Hospital, Michigan, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa keluarnya enzim MPO dapat disebabkan oleh perasaan tertekan (stres). Penyakit jantung dapat pula diakibatkan dan diperparah oleh sikap marah dan permusuhan.

Hindari penyakit yang mematikan ini dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan, padi-padian, makanan berserat lainnya dan ikan. Kurangi daging, makanan kecil (cemilan), dan makanan yang berkalori tinggi dan banyak mengandung lemak jenuh lainnya., dan jangan lupa olah raga dengan teratur.

artikel lainnya Mencegah Hipertensi dengan Pola Makan
Penyakit Jantung
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon